Kemenhub targetkan lima pelabuhan jadi wilayah bebas korupsi

Kelima pelabuhan akan dijadian Tanjung Priok baru, yang mampu mendapat predikat wilayah bebas korupsi.

Kelima pelabuhan akan dijadian Tanjung Priok baru, yang mampu mendapat predikat wilayah bebas korupsi. / Antara Foto

Kementerian Perhubungan mendorong lima pelabuhan di Indonesia menjadi pelabuhan bebas korupsi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi, daya saing, dan volume pelabuhan. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan kelima pelabuhan tersebut yakni Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya), Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Belawan (Medan), Pelabuhan Ambon, dan Pelabuhan Sorong. 

“Kelima pelabuhan ini bisa menjadikan Pelabuhan Tanjuk Priok (Jakarta) sebagai contoh yang telah memberikan pelayanan dengan baik,” kata Budi, dalam rapat kerja Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, di Jakarta, Senin (8/4).

Seperti diketahui, pada 2018, Pelabuhan Tanjung Priok telah terbukti menerima Pengharagaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. 

"Pelabuhan Tanjung Priuk sudah menjadi daerah bebas korupsi. Mereka sudah mendapatkan suatu apresiasi. Kami ingin ada 5 Tanjung Priuk (pelabuhan lain) yang juga menjadi pelabuhan bebas korupsi," kata Budi.