Kemenkop luncurkan portal UMKM Nasional Smesta.id

"Smesta ini diharapkan membuka pangsa pasar baru bagi UKM ekspor," kata Menkop UKM, Teten Masduki.

Laman Smesta.id. Alinea.id/Fatah Sidik

Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM meresmikan portal UMKM nasional Smesta.id. Smesta merupakan singkatan dari small and medium enterprises station.

"Smesta ini diharapkan membuka pangsa pasar baru bagi UKM ekspor sehingga ini menjadi bagian dari kenaikan target ekspor hingga 17% di 2024 bisa tercapai,” ucap Menkop UKM, Teten Masduki dalam sambutannya di Jakarta, Kamis (25/11). 

Smesta.id adalah situs web UMKM nasional berbasis katalog digital sehingga menyediakan informasi lengkap tentang program pelatihan, pembiayaan, perluasan pasar, perizinan, standardisasi, persyaratan dan kriteria ekspor-impor, market intelligence, serta peluang usaha di beberapa negara yang terintegrasi dengan portal ASEAN Access. Portal itu berdiri berkat hasil koloborasi Kemenkop UKM bersama Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman melalui ASEAN SMEs GIZ.

Teten sesumbar, target 10.000 UMKM yang tergabung dalam Smesta.id dan 30 juta masuk ekosistem digital pada 2024 tercapai. Jika terealisasi, diklaim produknya dapat menjangkau semua pangsa pasar nasional.

"Saat ini telah mencapai 16,4 juta [UMKM masuk ekosistem digital] atau naik sebesar 25,6%. Angka ini tumbuh luar biasa, hampir 105% dibanding sebelum pandemi yang hanya 8 juta UMKM,” tuturnya.