Kemenpar pasang target tinggi kunjungan wisman pada 2022

Angkanya naik 1,5 juta menjadi 3,6 juta kunjungan wisman dibandingkan tahun ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Dokumentasi Kemenparekraf

Pemerintah optimistis sektor pariwisata di Tanah Air bakal bergairah pada tahun depan. Oleh karena itu, menargetkan kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) naik 1,5 juta menjadi 3,6 juta dibandingkan pada 2021.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berharap, kedatangan turis asing pada 2022 berkontribusi hingga 4,3% dari total target produk domestik bruto (PDB) dari sektor pariwisata.

"Kita harus optimistis mengingat ini juga menyangkut 14,7 juta tenaga kerja bidang pariwisata yang harus bergerak,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, dalam telekonferensi, Senin (27/12).

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah melakukan berbagai upaya, terutama untuk bidang usaha perhotelan, restoran, penyediaan makanan keliling, dan penyediaan akomodasi jangka pendek.

Ada tiga wilayah dengan tujuan investasi pariwisata terbesar bagi pasar mancanegara, yakni DKI Jakarta sebesar Rp1,083 miliar, Bali Rp716 miliar, dan Nusa Tenggara Barat Rp410 miliar.