Kemenperin: Industri gula merupakan sektor strategis

Berbagai program dan kebijakan telah dijalankan, termasuk untuk program revitalisasi dan memacu kebijakan investasi.

Ilustrasi. Foto Antara.

Kementerian Perindustrian terus mendorong pengembangan industri gula agar bisa lebih produktif dan berdaya saing sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri menuju swasembada khususnya gula konsumsi nasional.

Plt Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika mengatakan, berbagai program dan kebijakan telah dijalankan, termasuk untuk program revitalisasi dan memacu kebijakan investasi di sektor kritikal tersebut.

“Industri gula juga merupakan salah satu sektor strategis bagi negara, karena merupakan komoditas yang mempunyai peranan penting bagi upaya ketahanan pangan dan peningkatan pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia,” ujar Plt Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika dalam keterangan tertulis, Selasa (5/10).

Sebelumnya, Plt. Dirjen Industri Agro beserta jajaran melakukan kunjungan kerja di pabrik gula PT Sukses Mantap Sejahtera (SMS), yang berlokasi di Dompu, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini dalam rangka meninjau langsung perkembangan produktivitas pabrik gula berbasis tebu yang di bangun di daerah remote di kaki Gunung Tambora.

Beroperasi sejak tahun 2017, saat ini aktivitas PT SMS telah membawa dampak yang luas bagi perekonomian masyarakat sekitar perusahaan, terutama para mitra petani tebunya. Selain itu, kehadiran PT SMS turut memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan daerah.