Kemenperin jalin kerja sama ekonomi komprehensif

Pemerintah memiliki target menyelesaikan perundingan dan penandatanganan beberapa CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement). 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto./AntaraFoto

Pertemuan Tahunan IMF-World Bank di Bali, dipergunakan Kementerian Perindustrian untuk menjalin kerja sama ekonomi komprehensif antara Indonesia dan negara mitra strategis. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menjelaskan, pemerintah memiliki target menyelesaikan perundingan dan penandatanganan beberapa CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement). 

"Kerja sama bilateral Indonesia-Australia CEPA yang sudah final diharapkan menjadi milestone bagi CEPA lainnya," ujar Airlangga melalui siaran resminya, Rabu (10/10). 

Indonesia dan negara mitra terus memformulasikan skema baru dalam kerangka CEPA, sehingga bisa tercipta peningkatan nilai perdagangan bagi kedua belah pihak yang sama-sama menguntungkan. 

Kendati demikian, untuk mencapai lompatan besar, diperlukan industri yang berdaya saing dan meningkatkan nilai tambah tinggi terutama untuk memenuhi pasar ekspor.