Kemenperin optimistis sektor industri melesat di kuartal II

Pertumbuhan ini dipicu momen ramadan dan Idul Fitri.

Presiden Joko Widodo (tengah), Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri), memberikan keterangan pers saat menghadiri acara Buka Puasa Bersama Partai Golkar, di Jakarta, Minggu (19/5). / Antara Foto

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) optimistis sektor industri tumbuh lebih agresif pada kuartal II-2019 dibandingkan periode sebelumnya pada 2019. Pertumbuhan ini dipicu momen ramadan dan Idul Fitri.

“Kami yakin lebih tinggi dari pertumbuhan industri kuartal I-2019 yang sebesar 4,5%. Kami berharap mendekati 5%,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar di Jakarta, Senin.

Haris memaparkan, pascapengumuman hasil pemilihan umum pada 22 Mei 2019, iklim usaha akan menggeliat, terlebih bersamaan dengan Ramadan dan Idul Fitri 2019.

Beberapa industri, di antaranya industri makanan dan minuman, serta industri tekstil menunjukkan peningkatan tajam sejak awal kuartal II.

“Sekarang kan mau Lebaran, orang banyak belanja. Tekstil, makanan dan minuman pasti naik. Kemudian, uang beredar banyak karena ada kewajiban pemberian Tunjangan Hari Raya (THR),” ujar Haris.