Kemenperin terima pagu anggaran Rp2,91 triliun pada 2023

Jumlah ini meningkat Rp287 miliar dibandingkan sebelumnya.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita pada rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Senin (29/8).

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menerima pagu anggaran sebesar Rp2,91 triliun pada 2023. Jumlah ini meningkat Rp287 miliar dibandingkan sebelumnya Rp2,62 triliun pada pagu indikatif.

Peningkatan anggaran tersebut akan dialokasikan untuk program-program strategis yang akan dijalankan Kemenperin tahun depan.

"Alokasi tambahan tersebut antara lain akan digunakan untuk partisipasi Indonesia sebagai Partner Country Hannover Messe, pengembangan wirausaha baru berbasis potensial, serta pembangunan Indonesia manufacturing center," kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita pada rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Senin (29/8).

Program strategis lainnya adalah fasilitas sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) produk industri dalam negeri, fasilitas sertifikasi halal produk industri, restrukturisasi mesin/peralatan industri, penyusunan neraca komoditas, dan fasilitas sertifikasi industri hijau.

"Selain itu, akan digunakan untuk pembentukan kelembagaan dan operasionalisasi Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0)," tuturnya.