Kemensos akan salurkan bantuan untuk 946.863 anak yatim piatu

Risma juga menyebutkan, Kemensos telah mengusulkan bansos bagi masyarakat lanjut usia (lansia) tunggal yang hidup sebatang kara.

Menteri Sosial Tri Rismaharini melaporkan bantuan sosial dalam keterangan pers bersama Presiden Joko Widodo di Istana Presiden, Jumat (16/9/2022. Alinea.id/ Erlinda PW

Kementerian Sosial (Kemensos) kembali mendapatkan anggaran tambahan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebesar Rp400 miliar, yang akan digunakan untuk bantuan sosial (bansos) bagi anak yatim piatu.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan, bantuan bagi yatim piatu tersebut akan dibagikan di Desember 2022.

“Kami menargetkan pembagian bantuan bagi anak yatim piatu sebanyak 946.863 anak. Per anaknya nanti dapat Rp200.000 per bulan,” jelas Mensos Risma dalam keterangan pers, Jumat (16/9).

Tak hanya bantuan bagi anak yatim piatu, Risma juga menyebutkan, Kemensos telah mengusulkan bansos bagi masyarakat lanjut usia (lansia) tunggal yang hidup sebatang kara dengan usia di atas 80 tahun. Bantuan bagi lansia akan disalurkan melalui RT dan RW yang kemudian akan diberikan pada lansia berupa makanan setiap hari senilai Rp21.000.

“Bantuan untuk lansia ditargetkan untuk 334.011 orang lansia tunggal, nanti akan diberikan juga pada Desember 2022,” ujarnya.