Kementan kembali adakan Pasar Tani di pusat perbelanjaan

Sektor pertanian dianggap jadi tumpuan pertumbuhan ekonomi nasional.

Dirjen Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto, memberikan sambutan saat Pasar Tani Mall to Mall di Trans Studio Mall Cibubur, Kota Depok, Jabar, Rabu (5/8/2020). Dokumentasi Ditjen Hortikultura Kementan

Kementerian Pertanian (Kementan) menggencarkan Pasar Tani di pusat perbelanjaan guna menggenjot pemasan produk lokal. Dalam kegiatan di Trans Studio Mall Cibubur, Kota Depok, Jawa Barat (Jabar), omzet yang diraup diklaim mencapai Rp11 juta per hari.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto, menyatakan, itu menunjukkan sektor pertanian masih menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi nasional. Ini juga tecermin dari laporan Badan Pusat Statistik (BPS), di mana pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) sektor pertanian kuartal II 2020 sebesar 2,19%.

"Di tengah pandemi Covid-19, kita tidak salah memilih pertanian. Ternyata tidak ada ruginya kita kelola sektor pertanian. Kalaupun rugi, mungkin salah kelola," katanya melalui keterangan tertulis, Kamis (6/8).

Anton, sapaannya, melanjutkan, Kementan mengintensifkan Pasar Tani Mall to Mall karena manfaatnya besar, khususnya bagi produk lokal. Sehingga, dapat bersaing dengan barang impor.

Dicontohkannya dengan lemon dari Sukabumi, Jabar, yang kandungan airnya cukup banyak dan aromanya harum. Demikian pula dengan jeruk dari Rejang Lebong, Bengkulu.