Kementerian BUMN ungkap strategi bisnis BUMN selama pandemi

Kementerian BUMN berupaya agar jangan sampai ada BUMN yang terdampak pandemi mengalami kebangkrutan.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo. Foto Humas Kementerian BUMN

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, Kementerian BUMN menjalankan beberapa strategi untuk menyehatkan beberapa perusahaan BUMN yang terhantam pandemi Covid-19.

Menurut pria yang akrab disapa Tiko tersebut, Kementerian BUMN berupaya agar jangan sampai ada BUMN yang terdampak pandemi mengalami kebangkrutan.

"Ada BUMN yang kami istirahatkan dan fokus pada pemulihan, termasuk restrukturisasi. Kemudian ada BUMN yang jadi katalis untuk penanganan kesehatan, maupun untuk pertumbuhan ke depan," kata Tiko dalam Capital Market Summit and Expo (CMSE) 2020, Selasa (20/10).

Tiko mengatakan, Kementerian BUMN selalu berpesan ke manajemen BUMN, jika bertahan untuk jangka panjang tetap penting, dan meminta sumber daya yang dimiliki oleh BUMN difokuskan untuk bertahan.

Dia mencontohkan, BUMN yang tengah melakukan restrukturisasi pada masa pandemi ini adalah Garuda Indonesia. Upaya menyeimbangkan antara kesehatan keuangan dan mencari sumber pertumbuhan baru merupakan tantangan besar.