Kenaikan Pertamax paling banyak diperbincangkan warganet

Kenaikan harga Pertamax paling banyak diperbincangkan dibanding kenaikan harga lainnya.

SPBU Pertamina. Foto REUTERS/Willy Kurniawan.

Kenaikan harga terjadi pada berbagai komoditas menjelang bulan Ramadan ini. Mulai dari pangan hingga harga energi di mana Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax (RON 92) mengalami kenaikan.

Natasha Yulian selaku Data Analyst Continuum Data Indonesia mengatakan, dari kenaikan berbagai komoditas ini, Pertamax adalah yang paling banyak diperbincangkan.

Melalui analisis dengan pendekatan big data, pihanya mengumpulkan data dari media sosial dengan jumlah besar. Data kenaikan harga yang dikumpulkan mulai dari minyak goreng, daging sapi, Pertamax, hingga kedelai.

"Di mana yang paling dirasakan sebelumnya adalah kelangkaan minyak goreng. Dari segi harga juga mengalami kenaikan signifikan," ucapnya dalam diskusi publik INDEF bertajuk Keluh-Kesah Masyarakat, Saat Harga Pangan dan Energi Meningkat, Kamis (14/4).

Dia menjelaskan, kenaikan harga berbagai komoditas di antaranya minyak goreng naik 64,29%, daging sapi 50%, Pertamax 38%, dan komoditas lainnya. Masyarakat pun memberikan berbagai respon mengenai kenaikan berbagai komoditas ini, ada yang bersepakat dan ada yang tidak sepakat.