Kendalikan harga, Bapanas gelar operasi pasar daging ayam

Harga daging ayam terindikasi mengalami kenaikan jelang Iduladha.

Badan Pangan Nasional (Bapanas) menggelar operasi pasar daging ayam di lebih dari 3.800 titik se-Indonesia untuk mengendalikan harga. Dokumentasi Bapanas

Badan Pangan Nasiononal (Bapanas) mengadakan operasi pasar bertajuk Gerakan Pangan Murah (GPM) Daging Ayam Ras. Kegiatan berlangsung di lebih dari 3.800 titik se-Indoensia mulai 28 Juni-2 Juli 2023.

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi, mengatakan, operasi pasar tersebut sebagai upaya menjaga stabilitas harga daging ayam ras di pasaran, yang terindikasi mengalami kenaikan jelang Iduladha. Pelaksanaan GPM melibatkan pemerintah daerah (pemda), Satgas Pangan Polri, Perumda Dharma Jaya, Japfa Comfeed Indonesia (JCI), dan PT Charoen Phokpand Indonesia (CPI).

"GPM ini merupakan respons cepat kita bersama stakeholder dalam menyikapi fluktuasi harga daging ayam menjelang Iduladha dan juga upaya untuk tetap menjaga stabilitas harga pasca-Iduladha," katanya saat meninjau pelaksanaan GPM di Kelurahan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Rabu (28/6).

Pelaksanaan GMP di berbagai daerah digelar di toko daging jaringan CPI, yakni Prima Freshmart, Kios Unggas, dan Yamiku. Di Jakarta, setidaknya ada 11 lokasi.

Jumlah volume daging ayam yang dijual ke konsumen per titik sekitar 1-2 ton per hari dengan harga Rp35.000-Rp36.000 per ekor (bobot 0,9-1kg). GPM beroperasi mulai pukul 09.00-13.00 WIB dan pukul 14.00-17.00 WIB.