Kepala Bappenas: Ibu kota baru berkapasitas 3 juta penduduk

Ibu kota baru di Kalimantan Timur juga akan menjadi salah satu tujuan urbanisasi.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyebutkan ibu kota baru yang akan terletak di perbatasan antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur berkapasitas hingga 3 juta penduduk. / Antara Foto

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyebutkan ibu kota baru yang akan terletak di perbatasan antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur berkapasitas hingga 3 juta penduduk.

Ia menuturkan desain ibu kota baru pada tahap awal memang hanya berkapasitas untuk 1,5 juta orang dengan luas wilayah 40.000 hektare (ha), namun masih bisa diperluas hingga 180.000 ha setelah tahap awal tersebut selesai pembangunannya.

“PNS yang pindah perkiraannya sekitar hampir 200.000, itu sudah termasuk perkiraan awal 1,5 juta,” katanya di  Jakarta, Kamis.

Di sisi lain, berbagai perkembangan dan pembangunan yang dilakukan akan tetap terkendali sehingga tidak merugikan lingkungan aslinya, antara lain dengan membatasi kegiatannya yaitu hanya untuk kantor pemerintahan, pendidikan, dan lainnya.

“Kotanya inklusif tapi perkembangan dan pertumbuhannya ada kendali supaya tidak melebar ke mana-mana jadi tidak dilepas untuk semua sektor,” ujarnya.