Keyakinan konsumen alami penurunan

Survei tersebut menunjukkan adanya penurunan keyakinan konsumen dari bulan sebelumnya. 

Hasil survei menunjukkan terjadinya penurunan keyakinan konsumen/AntaraFoto

Bank Indonesia (BI) merilis hasil survei konsumen masyarakat Indonesia pada Februari 2018. Survei tersebut menunjukkan adanya penurunan keyakinan konsumen dari bulan sebelumnya. 

Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2018 yang masih di atas 100 yakni 122,5. Namun, angka itu lebih rendah dari IKK bulan sebelumnya di126,1.

Faktor utama penurunan IKK disebabkan menurunnya indeks ketepatan waktu pembelian barang tahan lama/durable goods, dan indeks ekspektasi kegiatan usaha pada enam bulan mendatang. 

Survei juga mengindikasikan adanya tekanan kenaikan harga pada Mei 2018 atau tiga bulan mendatang. Ekspektasi terhadap peningkatan harga dipengaruhi meningkatnya permintaan terhadap barang dan jasa pada Ramadhan. Sekaligus kekhawatiran konsumen terhadap evaluasi tarif listrik dan harga BBM pada triwulan II-2018.

Sementara tekanan harga dalam enam dan 12 bulan mendatang diperkirakan menurun. Didukung persepsi konsumen terhadap tetap terjaganya ketersediaan barang dan jasa.