Kondisi ekonomi global berdampak negatif bagi domestik

Risiko utama yang patut dicermati masih berasal dari arah kebijakan pemerintah AS

Menteri Keuangan yang juga sebagai Ketua KSSK Sri Mulyani./AntaraFoto

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) mengumumkan sistem keuangan triwulan III-2018, pada kondisi yang terkendali. Namun, perkembangan ekonomi global berdampak negatif terhadap perekonomian domestik.

Menteri Keuangan yang juga sebagai Ketua KSSK, Sri Mulyani menjelaskan, berdasarkan hasil pemantauan lembaga anggota KSSK, hal itu dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi yang terjaga, tingkat inflasi yang stabil dan berada pada level yang rendah. 

"Selain itu cadangan devisa berada pada level yang memadai, volatilitas nilai tukar yang terkendali, serta defisit APBN dan keseimbangan primer yang jauh lebih baik dari periode sebelumnya," jelas Sri Mulyani di kantornya, Kamis (1/11). 

Seperti diketahui cadangan devisa Indonesia saat ini sebanyak US$113 miliar dan rupiah sampai dengan 23 Oktober terdepresiasi sebesar 10,65%. 

KSSK menilai potensi risiko utama yang patut dicermati masih berasal dari arah kebijakan pemerintah AS dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi yang berdampak signifikan terhadap perekonomian dunia, khsususnya mitra dagang utama AS.