Kondisi Trump membaik, IHSG dibuka menguat 0,41% pagi ini

Sentimen awal pekan ini datang dari Presiden Donald Trump dan istrinya karena positif Covid-19, menimbulkan kekhawatiran pelaku pasar.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat pagi (30/8/2019). Foto Antara/dokumentasi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,41% ke level 4.947 pada perdagangan Senin (5/10). Padahal, bursa Amerika Serikat pada Jumat lalu ditutup melemah. Dow Jones ditutup turun 0,48%, NASDAQ ditutup terkoreksi 2,22%, dan S&P 500 ditutup turun 0,96%. 

Analis Artha Sekuritas, Dennies Christoper mengatakan, penurunan disebabkan oleh kondisi kesehatan Presiden Donald Trump yang sempat mengalami penurunan karena infeksi Covid-19.

"Bursa AS akan sangat volatile berhubungan dengan kondisi kesehatan Presiden Trump. Sedangkan, bursa Asia dibuka menguat setelah adanya informasi bahwa kondisi kesehatan Presiden Trump membaik pada pagi ini," ujarnya.

Direktur Anugerah Mega Investama, Hans Kwee mengungkapkan, sentimen di awal pekan ini datang dari Presiden Donald Trump dan istrinya yang terkena Covid-19, menimbulkan kekhawatiran pelaku pasar. Hal tersebut, berpeluang menurunkan popularitasnya karena dianggap terlalu lemah dalam mengatasi pandemi Covid-19.

"Presiden Trump, diprediksi akan mengambil lebih banyak langkah keras terhadap Tiongkok untuk menaikan popularitas dan mempertahankan dukungan dari para pemilihnya sesudah dia positif Covid-19. Hal ini, meningkatkan risiko dan ketidakpastian di pasar keuangan," kata Hans.