Konstruksi tol di Jatim dikebut untuk perlancar distribusi kawasan industri

Pembangunan jalan tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar sebagai penghubung kawasan industri di Surabaya segera diselesaikan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mempercepat pembangunan jalan tol Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) di Jawa Timur sepanjang 38,29 kilometer (km). / Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat pembangunan jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) di Jawa Timur sepanjang 38,29 kilometer (km).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi kepadatan lalu lintas di wilayah sekitarnya.

“Terutama memperlancar distribusi antar kawasan industri di Jawa Timur, yang dapat mengurangi biaya logistik secara ekonomis,” kata Basuki dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (21/6).

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR hingga akhir Mei 2019, progres konstruksi pembangunan jalan tol tersebut telah mencapai 70,24%.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, pada akhir tahun 2019, ditargetkan seksi 1-3 jalan tol tersebut, yakni dari Krian-Bunder sudah rampung dan beroperasi. Kemudian menyusul Seksi 4 Bunder-Manyar (9,39 km) yang akan beroperasi pada tahun 2020.