Konsumsi rumah tangga dongkrak pertumbuhan ekonomi triwulan I-2023

"Momen Ramadan juga mendorong pertumbuhan konsumsi makanan dan minuman," ucap Edy.

Ilustrasi. Foto Pixabay

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan I-2023 yang mencapai 5,03% (yoy). Kenaikan ini utamanya ditopang oleh komponen pengeluaran yaitu konsumsi rumah tangga yang terus tumbuh.

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Edy Mahmud menyampaikan, konsumsi rumah tangga tumbuh sebesar 4,54% (yoy), dengan pertumbuhan tertinggi terjadi pada transportasi & komunikasi dan restoran & hotel.

"Seluruh komponen pengeluaran tumbuh positif pada triwulan I-2023. Penyumbang paling besar adalah komponen konsumsi rumah tangga yaitu 4,54% (yoy), Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) tumbuh 2,11% (yoy), ekspor tumbuh 11,68% (yoy), impor tumbuh 2,77% (yoy)," ujar Edy dalam konferensi pers rilis BPS, Jumat (5/5).

Edy merincikan, konsumsi rumah tangga tumbuh tertinggi terjadi pada transportasi dan komunikasi. Ini terlihat dari peningkatan penjualan sepeda motor dan penumpang angkutan rel, laut, dan udara. Kemudian kelompok restoran dan hotel tumbuh tercermin dari peningkatan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel.

"Momen Ramadan juga mendorong pertumbuhan konsumsi makanan dan minuman," ucap Edy.