Korea Selatan investasi US$2,3 miliar lewat industri baterai

Perusahaan asal Korea Selatan LG Chemical akan membangun pabrik baterai di Indonesia.

Perusahaan asal Korea Selatan LG Chemical akan membangun pabrik baterai di Indonesia dengan investasi sebesar US$2,3 miliar. / Kementerian Perindustrian

Perusahaan asal Korea Selatan LG Chemical akan membangun pabrik baterai di Indonesia dengan investasi sebesar US$2,3 miliar. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Indonesia menjadi salah satu tujuan utaman LG Chemical untuk berinvestasi di negara-negara ASEAN.

“Salah satu perusahaan dari Korsel, yakni LG Chemical, telah menyampaikan minatnya untuk berinvestasi membangun pabrik baterai terintegrasi di Indonesia, yang meliputi pabrik baterai sel, baterai modul, hingga fasilitas daur ulang baterai,” Kata Agus dalam keterangan resmi kepada Alinea.id di Jakarta, Jumat (22/11).

Komitmen investasi ini dicetuskan saat Agus bersama jajaran melakukan one on one meeting dengan direksi LG Chemical. Menurut Agus, LG Chemical sudah melakukan kajian-kajian awal agar investasinya di Indonesia dapat sukses dan sesuai rencana. 

Korporasi raksasa asal Negeri Ginseng itu juga menyampaikan keinginannya untuk melakukan studi terkait penggunaan baterai listrik pada sepeda motor dalam mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

“LG berniat untuk melakukan penelitian dan mendukung studi, melakukan kajian-kajian untuk kendaraan, terutama sepeda motor listrik,” paparnya.