Krisis pandemi di Indonesia diperkirakan berlangsung panjang

Masuknya varian delta Covid-19 ke dalam negeri telah menyebar ke luar Pulau Jawa dan Bali, membuat penanganannya menjadi lebih sulit.

Ekonom Fadhil Hasan. Foto sawitindonesia.com

Ekonom Fadhil Hasan mengungkapkan, cepat atau lambatnya krisis yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 di Indonesia, sepenuhnya bergantung kepada kualitas kebijakan yang diambil oleh pemerintah.

Bahkan, dia memperkirakan jika kualitas pengambilan kebijakan pemerintah masih sama seperti saat ini, krisis yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 akan berlangsung panjang.

"Jadi saya kira, kita akan mengalami krisis yang lonjong atau panjang selama memang kita tidak memiliki satu kebijakan yang firm, yang betul-betul menangani krisis ini dengan suatu kebijakan yang berdampak signifikan," katanya dalam webinar, Jumat (23/7).

Lebih lagi, masuknya varian delta Covid-19 ke dalam negeri telah menyebar ke luar Pulau Jawa dan Bali, membuat penanganannya menjadi lebih sulit.

"Jadi akan selalu seperti ini dan berapa lama ini akan berakhir itu sangat tergantung daripada apa yang dilakukan oleh pemerintah pada kuartal berikutnya ini," ujarnya.