KSSK pastikan stabilitas sistem keuangan berada dalam kondisi normal

KSSK akan terus memperkuat koordinasi dan sinergi kebijakan dan instrumen untuk menjaga sistem stabilitas keuangan.

Ilustrasi. Foto Antara.

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) memastikan bahwa stabilitas sistem keuangan berada dalam kondisi normal, di tengah perekonomian yang mulai menunjukkan gejala perbaikan.

"Stabilitas sistem keuangan berada pada kondisi normal di tengah perekonomian yang berangsur membaik," kata Ketua KSSK Sri Mulyani Indrawati dalam video conference, Senin (1/2). 

Sinergi kebijakan antara otoritas melalui berbagai langkah penguatan yang segera dan bersifat luar biasa untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19, telah mampu mulai dorong perbaikan ekonomi secara bertahap dengan stabilitas yang tetap terjaga.

Ketua KSSK yang juga Menteri Keuangan ini pun menuturkan, KSSK akan terus memperkuat koordinasi dan sinergi kebijakan dan instrumen untuk menjaga sistem stabilitas keuangan.

Untuk itu, lanjutnya, dalam rapat berkala KSSK diputuskan untuk menerbitkan sebuah paket kebijakan bersama atau terpadu yang terdiri dari kebijakan Kemenkeu di sisi fiskal, Bank Indonesia (BI) untuk kebijakan moneter dan makroprudensial, serta dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mikroprudensial, dan regulasi sektor keuangan dari Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS).