Laba bersih Alkindo Naratama meroket 79,2% kuartal I-2021

Laba bersih ALDO tercatat senilai Rp14,6 miliar di kuartal I-2021, tumbuh 79,2% dibandingkan dengan kuartal I-2020 yaitu Rp8,2 miliar.

Ilustrasi. Pixabay.

Emiten produsen bisnis kertas dan bahan kimia PT Alkindo Naratama Tbk. (ALDO), mengalami pertumbuhan penjualan dari tren kenaikan e-commerce dan sektor fast-moving consumer goods (FMCG). Perseroan mencatatkan kenaikan penjualan sebesar 9,4% menjadi Rp340 miliar di kuartal I-2021,  dibanding kuartal I-2020 sebesar Rp311 miliar.

Hasil itu turut mendongkrak capaian laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk, yang tercatat senilai Rp14,6 miliar di kuartal I-2021, tumbuh 79,2% bila dibandingkan dengan capaian kuartal yang sama tahun sebelumnya yaitu Rp8,2 miliar.

Sementara dari sisi penjualan kuartal I-2021, komposisi penjualan masih didominasi oleh segmen paper sekitar 39%, sementara paper converting sebesar 26%, sehingga total dari industri paper sebesar 65%. Sementara, untuk sisanya dikontribusikan dari segmen polymer dan chemical. 

Melihat pertumbuhan belanja online serta food delivery, emiten berkode saham ALDO ini optimistis target pertumbuhan penjualan yang signifikan dari segmen kertas dan kertas konversi di tahun ini. Bahkan, pada kuartal I-2021, segmen kertas ALDO membukukan penjualan Rp126,7 miliar, atau tumbuh 33% dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu (YoY). 

Sementara, kontribusi penjualan dari segmen kertas konversi naik 14% atau senilai Rp90,4 miliar dibandingkan capaian kuartal I-2020.