Citibank peroleh laba bersih Rp1,9 triliun pada kuartal III-2020

Citibank meningkatkan cadangan kerugian kredit sejalan dengan dampak pandemi yang masih berlangsung. 

Salah satu sudut kantor Citibank. Foto online.citi.com

Citibank NA Indonesia (Citibank) berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp1,9 triliun pada kuartal III-2020. Di tengah ketidakpastian ekonomi, Citibank juga mencatatkan kinerja yang positif dengan return on equity sebesar 15% dan return on assets sebesar 3,9%.

CEO Citibank NA Indonesia Batara Sianturi menjelaskan, Citibank juga terus meningkatkan cadangan kerugian kredit sejalan dengan dampak pandemi yang masih berlangsung. 

"Meskipun demikian, Citibank tetap melaporkan non performing loans (NPL) gross dan net yang stabil masing-masing sebesar 2,8% dan 0,3%," katanya dalam video conference, Kamis (12/11).

Sedangkan, portofolio kredit pada kuartal ketiga meningkat 6% secara year-to-date (ytd) menjadi Rp47,4 triliun. Kontribusi utama pertumbuhan portofolio kredit berasal dari lini bisnis institutional banking, terutama pada sektor industri manufaktur, pertanian dan kehutanan serta perantara keuangan.

Pertumbuhan portofolio kredit ditunjang oleh pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) berkelanjutan yang tumbuh sebesar 10% memungkinkan bank untuk mencatatkan rasio lending-to-funding (LDR) yang sehat sebesar 76,6%.