Lion Air sewa Boeing 737 Max-8 dari perusahaan China

Pesawat Lion Air Boeing 737 Max-8 yang menewaskan 189 orang di Laut Jawa disewa dari perusahaan China.

Seremonial jasa sewa pesawat Boeing 737 Max-8 dari CMIG Aviation Capital oleh Lion Air Group. / Prnasia.com

Pesawat Lion Air Boeing 737 Max-8 yang menewaskan 189 orang di Laut Jawa disewa dari perusahaan China.

The Washington Post pada Kamis (1/11) merilis dari kantor berita resmi China, bahwa pesawat Boeing 737 Max-8 yang jatuh itu milik China Minsheng Investment Group (CMIG) Leasing Holdings Ltd. Perusahaan itu mengoperasikan jasa sewa pesawat melalui CMIG Aviation Capital.

China News Service (CNS) mengutip dari CMIG Leasing yang mengatakan bahwa manajemen turut berduka terhadap kejadian nahas tersebut. Sebab, manajemen CMIG Leasing berhubungan sangat dekat dengan Lion Air, Boeing, dan organisasi lainnya.

Tindakan sewa yang dilakukan oleh Lion Air kepada CMIG Leasing dinilai sebagai praktik yang umum bagi maskapai penerbangan. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan pesawat besar melalui perjanjian sewa guna usaha dengan perusahaan pihak ketiga.

Memang, pada 14 Agustus 2018, CMIG Aviation Capital mengumumkan pengiriman satu unit pesawat Boeing 737 Max-8 yang diproduksi pabrikan di Seatle, Amerika Serikat, untuk diperasikan oleh Lion Air. Pesawat itu adalah bagian dari sejumlah pembelian armada Boeing.