Lion Air siap IPO akhir tahun ini

Perusahaan akan menggunakan tahun buku Juni 2019 dan berencana mengadakan mini expose, minggu depan.

AVP Logistics Bukalapak Anudeep Pendem (kiri), Presiden dan Co - Founder Bukalapak Fajrin Rasyid (tengah) dan CEO Lion Parcel Farian Kirana (kanan) berbincang di samping armada Lion Parcel berlogo Bukalapak di Hanggar Batam Aero Technic (BAT), Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (5/10)./ Antara Foto

PT Lion Mentari Airlines, operator maskapai Lion Air bakal melakukan Initial Public Offering (IPO) atau penawaran saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI), akhir tahun ini.

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia I Gde Nyoman Yetna mengatakan Lion Air telah menyampaikan dokumen mereka ke BEI. Perusahaan akan menggunakan tahun buku Juni 2019 dan berencana mengadakan mini expose bersama BEI, pekan depan.

"Untuk perusahaan yang akan melakukan mini expose cukup banyak, di daftar kami ada 29, termasuk Lion Air. Mudah-mudahan bisa menyampaikan informasinya secara lengkap, sehingga dapat kami proses secara tepat," kata Nyoman di BEI, Jakarta, Rabu (9/10).

Nyoman mengaku menunggu perusahaan yang telah menyampaikan niatnya untuk IPO, agar melengkapi dokumen ke bursa. Dia optimistis, perusahaan-perusahaan tersebut berkomitmen untuk menyampaikan dokumen mereka di tahun ini.

"Kami menunggu perusahaan yang telah datang ke bursa untuk menyampaikan dokumen laporan keuangan terkini. Karena saat ini merupakan waktu yang tepat untuk IPO," tutur Nyoman.

Apabila ke-29 perusahaan dalam pipeline IPO tersebut mencatatkan saham mereka, maka hingga akhir tahun ini akan ada 69 perusahaan baru yang tercatat di bursa tahun 2019.

Adapun 29 perusahaan tercatat tersebut adalah sebagai berikut: