Lippo memperoleh akuisisi saham Rp8,72 triliun dari Axiata dan XL Axiata

John menegaskan bahwa LINK merupakan perusahaan yang memiliki prospek cerah.

Bursa Efek Indonesia. Foto

Lippo Group menyatakan akuisisi saham PT Link Net Tbk (LINK) oleh PT XL Axiata Tbk dan Grup Axiata Berhad senilai Rp8,72 triliun merupakan bagian dari upaya konsolidasi dan transformasi korporasi.

Dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Grup XL Axiata telah sepakat dengan para pemegang saham LINK untuk melakukan akuisisi terhadap 1,81 miliar saham. Adapun para pemegang saham LINK antara lain Asia Link Dewa Pte Ltd, dan Lippo Group melalui PT First Media Tbk (KBLV).

Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady mengungkapkan aksi korporasi ini merupakan bagian dari strategi konsolidasi dan transformasi yang tengah dilakukan perseroan, untuk terus memperkuat neraca dan mengumpulkan dana segar guna investasi masa depan lainnya.

“Kami menyambut baik tercapainya kesepakatan dalam aksi korporasi ini. Langkah ini menjadi upaya strategis kami dalam konsolidasi dan transformasi yang tengah kami lakukan,” ujar John, Kamis (28/1).

Adapun dari nilai transaksi pengambilalihan saham LINK oleh Grup XL Axiata mencapai sekitar Rp8,72 triliun, atau setara RM2,54 miliar. Adapun jumlah saham yang diakuisisi sekitar 66,03% dari jumlah saham disetor dan modal ditempatkan.