LMAN tunggak pembayaran ganti rugi lahan tol Rp2,6 triliun

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) belum bisa menyelesaikan pembayaran ganti rugi lahan tol.

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah mengucurkan anggaran sebesar Rp34,73 triliun untuk membayarkan dana talangan Proyek Strategis Nasional (PSN) hingga Juli 2019. Alinea.id/Ardiansyah Fadli

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah mengucurkan anggaran sebesar Rp34,73 triliun untuk membayarkan dana talangan Proyek Strategis Nasional (PSN) hingga Juli 2019. Dana yang dibayarkan untuk ganti rugi lahan yang terkena proyek tol ini baru mencapai 92,8% dari yang ditagihkan ke LMAN sebesar Rp37,40 triliun.

Direktur Utama LMAN Rahayu Puspasari mengatakan masih ada kekurangan (gap) dana yang belum dibayarkan ke Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sebesar Rp2,63 triliun. Menurut Puspa, hal tersebut karena Kementerian Keuangan belum mentransfer dana tersebut kepada LMAN.

"Ada gap antara dana talangan dengan apa yang sudah ditagihkan. Ini karena masih ada sejumlah nilai yang belum sampai ke LMAN atau belum dibagikan," kata Rahayu di Jakarta, Kamis, (11/7).

Rahayu mengatakan dari total dana tersebut, masih ada Rp600 juta yang masih diproses sesuai standard operational procedure (SOP). Sementara, sekitar Rp5,03 triliun dana tagihan ini masih dalam proses exit meeting. 

Sementara itu, Rahayu memaparkan bahwa pihaknya masih belum menyelesaikan tagihan kurang lebih sebesar 26% di tahun 2018 dikarenakan dokumen yang belum lengkap.