LPI siap tawarkan investor untuk bangun proyek senilai Rp132,4 triliun

LPI sudah menyiapkan daftar proyek yang akan dijalankan dengan pembiayaan melalui lembaga Sovereign Wealth Fund.

Ketua Dewan Direktur LPI Ridha Wirakusumah memberikan keterangan pers, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (16/02/2021). Foto: setkab.go.id/Humas Setkab/Agung

CEO Lembaga Pembiayaan Indonesia (LPI) Ridha Wirakusumah mengungkapkan, terdapat sejumlah proyek infrastruktur senilai US$9,5 miliar atau setara Rp132,4 triliun (kurs Rp13.900/dolar), yang siap untuk ditawarkan kepada investor.

Dia pun menuturkan, LPI sudah menyiapkan daftar proyek yang akan dijalankan dengan pembiayaan melalui lembaga Sovereign Wealth Fund (SWF) yang baru saja dibentuk struktur organisasinya tersebut. 

"Memang cukup banyak daftar dari infrastruktur project yang sudah kami earmarked, kira-kira ada US$9,5 miliar di pipeline yang mungkin kita bisa lihat," katanya dalam video conference, Selasa (16/2).

Namun demikian, Ridha menyampaikan belum dapat memastikan proyek jenis apa yang akan dijalankan dalam waktu dekat. Pihaknya masih menimbang-nimbang proyek prioritas yang akan digarap agar membawa keuntungan yang baik bagi negara dan investor.

"Tetapi tentunya kita akan melihat secara seksama untuk make sure bahwa proyek-proyek itu betul-betul bisa membawa good returns for us and also for our co-investors," ujarnya.