Luhut dorong pengusaha India tingkatkan investasi

Pemerintah siap memfasilitasi kebutuhan dari komunitas bisnis India untuk melakukan bisnis di Indonesia.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan./AntaraFoto

Pemerintah Indonesia mendorong pengusaha India berinvestasi di Indonesia. Khususnya di bidang infrastruktur, energi, dan teknologi informasi. Hal itu disampaikan Menteri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan pada Forum Infrastruktur Indonesia-India.

Luhut menyebutkan, pemerintah siap memfasilitasi kebutuhan dari komunitas bisnis India untuk melakukan bisnis di Indonesia. Terlebih, Indonesia berpeluang menjadi negara 10 terbesar untuk pertumbuhan ekonomi pada 2030. 

Pusat pertumbuhan dunia, kata Luhut, sedang bergesar ke Asia Pasifik. Tidak heran jika dalam waktu dekat perekonomian Indonesia akan menempati urutan keempat, setelah China, India, dan Amerika Serikat, dengan nilai sebesar US$10,1 triliun. 

"Mari kita lanjutkan langkah selanjutnya, setelah 70 tahun bekerja sama, terutama untuk pengembangan sumber daya manusia," kata Luhut di Jakarta, Selasa (19/3). 

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Ikmal Lukman menuturkan, India memiliki faktor unggulan dibidang Teknologi Informasi (Information Technology/IT) dan obat-obatan herbal.