Luhut: Tidak perlu ketakutan berlebihan karena pandemi

Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menjaga optimisme di tengah pandemi.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan/Foto Antara.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan tidak perlu ketakutan berlebihan menghadapi pandemi Covid-19. Menurut dia, dalam keadaan yang sangat tertekan, masyarakat Indonesia harus bisa menjaga optimisme.

Luhut mengungkapkan, berbagai upaya dilakukan untuk menjaga optimisme di tengah pandemi. Dia menuturkan, pemerintah dan masyarakat tidak mempunyai pilihan lain selain kompak bekerjasama menyelesaikan masalah di depan mata.

"Kita harus berjuang sekuat-kuatnya sehingga di kuartal III pertumbuhan ekonomi bisa mendekati 0% atau -0% koma sekian," kata Luhut, Minggu (30/8).

Meskipun, pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap negatif, Luhut menegaskan, hal tersebut bukan akhir dari segala-galanya. Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II-2020 mengalami kontraksi 5,32%. 

Perlambatan ekonomi Indonesia, menurut Luhut, tercermin dari sisi pengeluaran. Dia pun mengatakan, konsumsi domestik mengalami kontraksi 5,5%, yang merupakan data terburuk dalam 20 tahun terakhir ini.