Masih dibayangi Corona, bagaimana peluang investasi akhir tahun?

Dunia masih dibayang-bayangi ketidakpastian akibat Coronavirus yang menginfeksi sejak tahun lalu. Bagaimana peluang investasi kuartal IV?

Ilustrasi. Foto Pexels.

Dunia masih dibayang-bayangi ketidakpastian akibat Coronavirus yang menginfeksi sejak tahun lalu. Perekonomian juga diprediksi belum sepenuhnya pulih.

Lalu, bagaimana peluang investasi di kuartal IV-2021?

Head of Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Freddy Tedja menuturkan investasi menjelang tutup tahun ini akan dipengaruhi oleh sederet kondisi global dan dalam negeri. Dari luar negeri, pasar akan dipengaruhi oleh Fed tapering atau pengurangan stimulus dari bank sentral Amerika Serikat, The Fed yang diprediksi akan berlangsung di kuartal IV ini.

Dia meramal, kenaikan suku bunga acuan AS alias Fed Rate akan maju lebih cepat dan terjadi di tahun 2022, menjadi 0,50%.

"Perubahan juga terjadi pada target inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Inflasi tahun ini diperkirakan lebih tinggi dibandingkan perkiraan sebelumnya, yang disebabkan oleh disrupsi rantai pasokan global yang lebih persisten dari perkiraan," ujar Freddy dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (9/10).