Masker menjadi peluang usaha di masa pandemi

Sejak Covid-19 ini potensi bisnis masker naik hingga 77%.

Ilustrasi. Orang gunakan masker. Pixabay.com

Kebutuhan masker menjadi peluang usaha di masa pandemi. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya permintaan produk kesehatan, khususnya masker, yang dibutuhkan untuk mencegah penularan virus SARS-CoV-2. 

Ketua Bidang Ketenagakerjaan, Vokasi dan Kesehatan HIPMI Sari W Pramono, menyatakan sejak Covid-19 ini potensi bisnis masker naik hingga 77%. Mereka yang memiliki bisnis konveksi kini beralih menjadi membuat masker.

“Tentunya pemerintah juga harus mendukung dan menggerakkan UKM ini agar produksi lokal terutama konveksi ini akhirnya dapat menggerakkan ekonomi karena mereka harus terus berjalan. Selain itu, fashion designer lokal Indonesia juga mulai membuat masker yang lucu-lucu sesuai dengan fashion yang sekarang. Menurut saya potensinya besar untuk mengembangkan bisnis masker,” ujarnya melalui ruang digital di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Jakarta, Selasa (18/8).

HIPMI juga memiliki keinginan agar pemerintah bisa membeli barang yang diproduksi dalam negeri. Saat ini Covid-19 justru menjadi tantangan buat industri kesehatan Indonesia untuk mandiri di dalam negeri sendiri, karena sebenarnya Indonesia bisa melakukannya tanpa banyaknya transaksi impor. 

“Adanya kreativitas teman-teman yang sudah mulai bagus untuk belajar membuat masker dan lain-lain, nanti lama kelamaan angka impor bisa ditekan. Tinggal bagaimana pemerintah mensosialisasikan ini supaya membeli produk dalam negeri sendiri dan melalui UKM yang ada, agar ekonomi bisa terus berjalan,” tambahnya.