Masyarakat makin sejahtera, timbulan sampah kian menggunung

Timbulan sampah di 2020 mencapai 67,8 juta ton dan diperkirakan masih akan terus bertambah.

Ilustrasi sampah. Foto Pixabay.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman (IKPM) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Septriana Tangkary menengarai peningkatan kesejahteraan dan peningkatan jumlah penduduk beriringan dengan timbulan sampah.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 2020, timbulan sampah masih tercatat sangat besar, yaitu mencapai 67,8 juta ton dan diperkirakan masih akan terus bertambah.

"Timbulan sampah yang ada masih sangat besar, sekitar 67,8 juta ton pada tahun 2020 dan masih akan terus bertambah seiring pertumbuhan jumlah penduduk dan kesejahteraan masyarakat yang semakin meningkat," katanya dalam video conference, Kamis (6/5).

Untuk itu, Kementerian Kominfo melakukan upaya edukasi bagi generasi milenial, dalam penanggulangan sampah plastik dengan cara melakukan pemilahan dan menghindari plastik sekali pakai.

"Kondisi-kondisi seperti ini yang perlu kita kelola dengan baik, yang direfleksikan dalam langkah-langkah, komunikasi, informasi, dan penyadar-tahuan atau edukasi (KIE)," ujarnya.