Media Nusantara Citra (MNCN) tebar dividen Rp15 per saham

PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) membagikan dividen Rp214 miliar dari laba bersih 2018.

PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) membagikan dividen sebesar Rp15 per lembar saham. Alinea.id/Annisa Saumi

PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) membagikan dividen sebesar Rp15 per lembar saham atau setara dengan Rp214 miliar dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Senin (24/6).

Nilai dividen tersebut adalah 14% dari laba bersih yang berhasil dibukukan emiten media itu pada tahun 2018 sebesar Rp1,6 triliun. Jumlah pembagian dividen ini meningkat dari tahun lalu yang senilai Rp209 miliar.

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan, semula perseroan ingin membagikan dividen yang lebih besar. Namun, para pemegang saham menyetujui untuk mempercepat penurunan debt to equity ratio sehingga besaran dividen hanya Rp15 per lembar saham. MNC menargetkan bisa menurunkan utang Rp500-Rp600 miliar tahun ini.

"Sebenarnya kami ingin membagikan dividen dalam jumlah yang lebih besar, namun pemegang saham setuju untuk mempercepat penurunan debt to equity ratio, juga ada kebutuhan untuk in house production yang naik," ujar Hary di Kebon Sirih, Jakarta, Senin (24/6).

Untuk kinerja perseroan ke depan, Hary mengatakan perseroan tidak lagi menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex).