Melestarikan ragam cokelat Indonesia yang sehat dan lezat lewat marketplace

Konsumsi dark chocolate bisa mematahkan stigma cokelat menyebabkan muka berjerawat, kegemukan, dan menimbulkan penyakit.

Ilustrasi Alinea.id/MT. Fadillah.

Seminggu pascalebaran, Candra Syahrir (32) terbaring di rumah sakit. Keluhan demam tinggi, muntah, dan sakit kepala hebat serta keringat dingin yang terus mengalir menimpa warga Tangerang Selatan ini. Dokter mendiagnosa pekerja swasta ini mengalami masalah pada lambung dan organ pencernaan atau kerap dikenal asam lambung/gastroesophageal reflux disease (GERD).

“Kata dokter habis lebaran banyak yang kena Gerd ini,” kata Candra saat berbincang dengan Alinea.id, Selasa (17/5) lalu.

Meski mengalami gangguan pencernaan, namun gejala yang paling dirasa ialah sakit kepala yang bahkan tidak mempan dengan obat paracetamol. Dokter bilang, kata dia, sakit kepala itu berasal dari gangguan lambung.

Ia mengaku tidak makan jenis makanan tertentu yang berlebihan. Namun memang, saat lebaran dan mudik, lelaki bertubuh besar ini mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kalori seperti opor ayam, ketupat, dan semur daging serta wisata kuliner di beberapa tempat.

Pola makan pascabulan puasa inilah yang justru membuatnya dirawat di rumah sakit untuk pertama kalinya. “Sampai sekarang sebenarnya masih pusing dan keringat dingin,” ujarnya yang mengaku belum pulih meski sudah tak lagi rawat inap di RS.