Mempersiapkan dana darurat bagi milenial

Porsi tabungan dan investasi tidak boleh kurang dari 20% dalam satu bulan.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Pada masa menjelang Lebaran di kala pandemi Covid-19 seperti saat ini, siapapun terutama generasi milenial dituntut untuk lebih menghargai uang dengan mengatur ulang pengeluaran secara lebih terencana. 

Lebaran atau hari raya biasanya identik dengan kondisi yang penuh pengeluaran, mulai dari kebutuhan berbelanja kue, hingga belanja pakaian, ditambah tuntutan untuk mencukupi kebutuhan finansial menjadi masalah utama setiap orang. 

Selain itu, kewajiban untuk berinvestasi, membayar utang, pajak, biaya hidup, dan lain-lain turut membuat setiap orang sangat sulit untuk mempunyai tabungan. Karena itu, Head of Advisory Finansialku.com, Robby Christy mempunyai tips bagi milenial untuk lebih mengatur keuangannya.

"Sebelum berinvestasi, kita harus mempersiapkan tabungan, asuransi, dana darurat, dan lainnya. Nah, THR (tunjangan hari raya) yang diperoleh sebaiknya digunakan untuk mempersiapkan dana tersebut terlebih dahulu," katanya dalam webinar, Jumat (7/5).

Dia mengatakan, jika masih single atau belum berkeluarga, jangan lupa untuk memiliki dana darurat sebesar enam kali gaji.