Menaker pastikan subsidi gaji Rp600.000 tahap III cair

Penyaluran tahap III ini melengkapi penyaluran pada tahap sebelumnya.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam keterangan resmi di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat (1/5/2020). BNPB

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memastikan penyaluran subsidi upah atau gaji tahap III telah dicairkan kepada 3,5 juta orang pekerja yang berhak menerima sesuai kriteria Permenaker 14/2020. 

Penyaluran tahap III ini melengkapi penyaluran pada tahap sebelumnya, yaitu tahap I sebanyak 2,5 juta penerima dan pada tahap II sebanyak 3 juta penerima. Secara total, penyaluran subsidi gaji telah diberikan kepada 9 juta penerima atau 57% dari total target penerima sebanyak 15,7 juta orang.

“Setelah menerima data dari BPJS, kami memaksimalkan waktu selama empat hari kerja terhitung semenjak Rabu (9/9) hingga Senin (14/9) untuk melakukan check list kelengkapan data," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (16/9).

Ketentuan empat hari tersebut, telah diatur dalam petunjuk teknis (Juknis) sebagai upaya untuk meminimalkan resiko kesalahan data penerima sehingga dapat tepat sasaran.

Data yang telah di check list tersebut kemudian diproses oleh tim Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) untuk dapat segera dicairkan dananya kepada bank penyalur.