Mencari solusi penurunan harga tiket pesawat

Harga tiket pesawat yang terus naik mendatangkan keluhan dari masyarakat. Namun, belum ada solusi untuk hal ini.

Pesawat komersial maskapai Citilink mendarat di landasan Yogyakarta International Airport (YIA) saat "Proving Flight" di Kulon Progo, DI Yogyakarta, Kamis (2/5)./ Antara Foto

Harga tiket pesawat yang melonjak sejak awal 2018 mulai memukul perekonomian Indonesia. Bukan hanya konsumen yang harus merogoh kocek mereka lebih dalam, industri pariwisata dan perhotelan pun terkena imbasnya. 

Untuk mencari jalan keluar, jajaran Kabinet Kerja, pada Senin (6/5), membahas secara khusus masalah harga tiket pesawat itu di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian. Selain Menko Darmin Nasution, pertemuan diikuti oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

Pertemuan belum membuahkan hasil konkrit. Berbicara kepada media setelah pertemuan itu, Menteri Budi Karya menjanjikan harga tiket pesawat bakal turun dalam pekan ini. Ia diminta Menteri Darmin untuk meninjau tarif batas atas.

Dilema harga tiket

Maskapai yang selama ini tutup mulut mulai mau buka suara. Mereka mengaku bakal terbebani jika harga tiket diturunkan. Bagi ekonom Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal, penurunan tarif batas atas merupakan dilema terbesar dalam kondisi ekonomi saat ini.