Mendag: Kerja sama jadi kata kunci hadapi tantangan

Menurutnya, Indonesia dapat mengatasi tantangan global berkat kolaborasi. Ini tecermin dari capaian yang didapatkan.

Mendag, Zulkifli Hasan, menyatakan, kerja sama menjadi kata kunci dalam menghadapi tantangan global. Dokumentasi Kemendag

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, menyampaikan, dunia tengah menghadapi dinamika dan tantangan yang kompleks. Pangkalnya, krisis pangan, krisis energi, krisis keuangan, hingga krisis geopolitik terjadi bersamaan.

Kendati demikian, ia meyakini tantangan tersebut dapati diatasi jika semua pihak terlibat dan bekerja sama. Demikian disampaikannya dalam Rapat Kerja Nasional Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (Rakernas MPKSDI) PP Muhammadiyah di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis (27/7).

"Alhamdulillah, tantangan tersebut dapat kita atasi bersama dengan kata kunci, yaitu kerja sama dan kolaborasi," ucap Zulhas, sapaannya, melansir situs web Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Ia lalu mencontohkan dengan ekonomi nasional yang terus melanjutkan tren pemulihan. Disebutnya dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,03% pada triwulan I-2023. Inflasi pun 3,5% pada Juni 2023, yang diklaim relatif rendah daripada negara lain, seperti Turki (38,2%) dan Uni Eropa (5,5%).

Zulhas kemudian memamerkan neraca perdagangan Indonesia surplus US$16,48 miliar pada Januari-Mei 2023. Tren positif ini melanjutkan torehan apik sejak Mei 2020.