Mendag Lutfi: Beberapa komoditas pangan perlu tambahan pasokan

Komoditas seperti beras, gula, dan daging sapi perlu penambahan pasokan untuk mengantisipasi cadangan atau stok saat Ramadan.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam webinar virtual, Kamis (18/03/2021). Foto tangkapan layar.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyampaikan, sinergi pemerintah pusat dan daerah menjadi penting menghadapi potensi kenaikan permintaan barang kebutuhan pokok (bapok) selama puasa dan menjelang Lebaran 2021.

Beberapa komoditas seperti beras, gula, dan daging sapi perlu penambahan pasokan untuk mengantisipasi cadangan atau stok, iklim ekstrem, kenaikan harga internasional, dan persediaan sebelum musim giling. 

"Kementerian Perdagangan dan dinas provinsi akan terus memantau program ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga (KPSH) beras medium oleh perum Bulog. Sementara untuk daging sapi, kami akan berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk segera memobilisasi sapi dari daerah sentra produksi ke daerah sentra konsumsi, seperti Jabodetabek dan Aceh," kata Lutfi dalam keterangan resminya, Senin malam (12/4).

Lutfi melanjutkan, untuk komoditas gula, Kementerian Perdagangan akan berkoordinasi dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) untuk membahas pendistribusian gula, khususnya ke wilayah Indonesia Timur dan Aceh. 

Koordinasi tersebut untuk membahas harga jual maksimal dari PT RNI sebesar Rp10.800/kg, sehingga harga di konsumen akhir sesuai harga atas Rp12.500/kg.