Mendag pastikan harga kebutuhan pokok stabil

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan pemerintah daerah untuk membantu biaya transportasi barang kebutuhan pokok.

Ilustrasi. Mohamad Trilaksono/Pixabay

Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus melakukan monitoring harga di pasaran untuk mengantisipasi gejolak harga barang kebutuhan pokok, Terlebih, harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi mengalami kenaikan sejak Sabtu (3/9) lalu.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan harga barang kebutuhan pokok terus stabil di masyarakat. Hal ini disampaikan Zulkifli saat melakukan pemantauan harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok di Pasar Karang Ayu di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (11/9).

"Saya setiap hari memonitor harga barang kebutuhan pokok. Di Pasar Karang Ayu harga barang kebutuhan pokok stabil. Untuk telur terus mengalami penurunan, di pasar tercatat Rp27.000/kg dan terus kita monitor," kata Zulkifli dalam keterangannya hari ini.

Pria yang akrab disapa Zulhas itu mengatakan, pemerintah akan terus berupaya menjaga inflasi pangan terkendali. Di antaranya melalui operasi pasar, subsidi angkutan, maupun optimalisasi program Gerai Maritim, Tol Laut, dan Jembatan Udara.

Menurutnya, ia optimistis pemerintah dapat mengendalikan gejolak harga bahan pokok, sebagaimana upaya stabilisasi minyak goreng yang berhasil mencatatkan deflasi dalam empat bulan terakhir.