Menhub dorong percepatan transisi kendaraan listrik, dimulai dari sepeda motor

Pemerintah menargetkan sebanyak 2 juta sepeda motor listrik di Indonesia pada 2025.

Menhub, Budi Karya Sumadi, menjajal mengendari sepeda motor listrik. Dokumentasi Kemenhub

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mendukung upaya percepatan transisi dari kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik. Upaya percepatan menuju kendaraan listrik ini dimulai dari transisi sepeda motor.

Budi menyampaikan, pemerintah menargetkan sebanyak 2 juta sepeda motor listrik di Indonesia pada 2025. Pangkalnya, pangsa pasarnya besar.

"Jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia sekitar 133 juta lebih. Sekarang ada 5 juta permintaan setahun bahkan sebelum pandemi ada 10 juta. Jadi, pasarnya banyak sekali dan ini bisa menjadi game changer yang bisa mempercepat transisi ini," kata Budi dalam keterangannya, dikutip Rabu (5/10).

Diungkapkan Budi, negara-negara di dunia sepakat menurunkan kadar emisi sebesar 29% pada 2030 dan nihil emisi pada 2060. Meski hal tersebut bukanlah target yang ringan, Budi yakin, misi tersebut dapat tercapai dengan adanya kolaborasi berbagai pihak.

"Saya meyakini ada suatu equilibrium yang datang lebih cepat dengan adanya sinergi dan kolaborasi dari pemerintah, perguruan tinggi, pelaku industri, dan masyarakat," ujar dia.