Menko Perekonomian jelaskan program pemulihan ekonomi

Pemerintah segera menyiapkan program dan kebijakan pemulihan secara cepat dan tepat.

Ada harapan baru jika corona sudah berlalu. Alinea.id/OkyDiaz.

Pandemi Covid-19 menimbulkan setidaknya tiga dampak terhadap perekonomian, yaitu penurunan pertumbuhan ekonomi, peningkatan pengangguran, dan peningkatan kemiskinan. Untuk itu, pemerintah harus segera menyiapkan program dan kebijakan pemulihan secara cepat dan tepat.

Terkait itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menerangkan langkah-langkah yang ditempuh pemerintah. Ia pun menekankan, dalam setiap langkah yang pemerintah ambil, selalu mempertimbangkan aspek kesehatan, sosial, ekonomi, dan keuangan.

Langkah pertama, program Exit Strategy, yaitu pembukaan ekonomi secara bertahap menuju tatanan kenormalan baru. Kedua, program Pemulihan Ekonomi Nasional. Ketiga, Reset dan Transformasi Ekonomi.

Reset menjadi penting karena berbagai sektor ekonomi sudah turun minus sehingga dari minus itu perlu dikembalikan ke 0. Lalu dari 0 kita akan transformasikan agar berkembang menjadi positif,” ujar Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/06) malam.

Pandemi Covid-19 memberikan tekanan pada perekonomian, baik dari sisi permintaan maupun penawaran. Semua indikator memberikan sinyal pelemahan ekonomi.