Menkop UKM ungkap peran dan kontribusi UMKM

Kemenkop berharap agar kerja sama dengan Tokopedia bisa meningkatkan kesejahteraan pelaku UKM.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dalam suatu acara/ Foto dok. Kemenkop UKM.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menekankan pentingnya peranan platform digital dan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dalam mendukung keberlangsungan ekonomi Indonesia di tengah pandemi.

“UMKM mendominasi sekitar 99,9% atau hampir mencapai 54 juta pelaku usaha di Indonesia, berkontribusi terhadap perekonomian nasional dan menyerap tenaga kerja hingga 97%," kata Teten di acara Tokopedia bersama Kemenkop UKM, secara virtual, Selasa (2/11/2021).

Ia menilai, pelaku UKM khususnya usaha mikro, termasuk di dalamnya warung, sangat berpotensi dan memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta pemulihan ekonomi nasional.

“Kementerian Koperasi dan UKM terus berupaya untuk meningkatkan pemulihan ekonomi nasional, salah satunya dengan mendorong transformasi digital UKM. Kami telah bekerjasama dengan berbagai stakeholder termasuk platform Tokopedia yang luar biasa konsisten mendukung dan mendorong UKM," katanya.

Hingga akhir September 2021, jelas Teten, sebanyak 14,4 juta UKM dengan branding ekosistem digital meningkat. "Pemerintah menargetkan tahun 2024 sebanyak 30 juta UKM dapat menjadi lingkup ekosistem digital, terlihat koperasi dan UKM, bersama Tokopedia juga tengah mengembangkan usaha mikro digitalisasi,” lanjutnya.