Menperin Agus: Ada sembilan tantangan di sektor industri

Bahan baku, infrastruktur, utilitas, hingga tekanan produk impor masih jadi tantangan.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto Website Kementerian Perindustrian.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan sejumlah tantangan pada sektor industri. Untuk itu, kementerian yang dipimpinnya akan terus berupaya menyelesaikan berbagai tantangan yang sedang dihadapi pelaku industri di tanah air. Langkah ini untuk mempercepat pengembangan sektor manufaktur nasional, agar lebih berdaya saing di kancah global.

“Sedikitnya kami sudah memetakan, ada sembilan tantangan. Kami aktif melakukan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk mendapatkan jalan keluarnya,” kata Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan resminya, Sabtu (6/3).

Agus mengatakan, sembilan tantangan tersebut yaitu terkait bahan baku dan bahan penolong, infrastruktur, utilitas, ketersediaan tenaga ahli, tekanan produk impor, limbah plastik sebagai limbah B3, kendala sektor industri kecil menengah (IKM), logistik sektor industri, serta mengenai penguatan basis data sektor industri.

“Kami bertekad untuk menjaga industri dapat bahan baku dan bahan penolong, salah satunya adalah pasokan gas,” ujarnya.  

Seperti diketahui, pada Juni 2020, pemerintah merealisasikan penurunan harga gas bumi untuk tujuh sektor industri. Ketujuh sektor itu, yakni industri pupuk, petrokimia, oleochemical, baja, keramik, kaca, dan sarung tangan karet.