Mentan klaim sektor pertanian semakin membaik

Ekspor pertanian di Indonesia juga menunjukkan kenaikan cukup baik.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (kiri) mengendarai traktor rawa saat kunjungan kerja di Desa Jabon, Kediri, Jawa Timur, Rabu (9/10).AntaraFoto

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memaparkan kemajuan pertanian di Indonesia, selama masa pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-JK dinilai cukup menggembirakan karena petani lebih sejahtera.

"Pertanian hari ini, gudang penuh. Untuk beras yang sudah sewa gudang Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat. Dari Dirut Bulog, Lampung, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan. Itu prestasi petani kita semua. Luar biasa petani kita," katanya saat kunjungan kerja ke Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Dirinya juga mendengar harga cabai rendah. Namun, ia berharap tidak dikatakan bahwa menteri diam. Selama ini pihaknya langsung mengurus ke pabrik jika ada masalah.

"Jangan katakan menteri diam. Kami urus sampai ke pabrik. Kita cari, berupaya keras," kata Menteri Amran.

Ia juga menambahkan ekspor pertanian di Indonesia juga menunjukkan kenaikan cukup baik. Pada 2014, ekspor pertanian 33 juta ton, saat ini menjadi 42,5 juta ton, naik 9 juta ton dengan nilai Rp400 triliun.