Mentan sebut pertanian jadi pemicu kebangkitan ekonomi

Menurutnya, pemanfaatan teknologi dalam pengembangan pertanian dapat meningkatkan profit.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL). Dokumentasi Kementan

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, menyatakan, sektor agraria terbukti mampu menjadi pemicu kebangkitan ekonomi nasional yang tertekan akibat pandemi Covid-19. Masyarakat pun diharapkan membangun bidang ini.

"Selama dua tahun pandemi berlangsung, sektor pertanian Indonesia diam-diam mampu menghapus air mata rakyat yang sama-sama menghadapi turbulensi ekonomi," ucapnya dalam keterangan tertulis.

SYL, sapaannya, menambahkan, banyak cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk menghasilkan profit yang menjanjikan dari sektor ini. Membangun pertanian perkotaan (urban farming) dengan memanfaatkan lahan kosong dan menggunakan teknologi, misalnya.

"Masih banyak tanah yang harus kita garap. Khusus di Pulau Jawa, saya berharap, bisa lebih kuat dengan sistem intervensi dan teknologi agar produktivitasnya meningkat," papar Menurut politikus Partai NasDem itu.

Di sisi lain, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian (Balitbangtan Kementan) baru-baru ini meresmikan fasilitas pertanian presisi modern farming. Fasilitas berada di Kompleks Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP), Bogor, Jawa Barat (Jabar).