Menteri Edhy resmikan Pasar Ikan Modern Palembang

Sebanyak 164 pedagang telah memanfaatkan PIM Palembang. Terdiri dari pedagang ikan segar, ikan hidup, kuliner, dan komplementer.

Pasar Ikan Modern (PIM) Palembang, Sumsel, November 2020. Google Maps/janenak tenan

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, meresmikan #PasarLautIndonesia dan Pasar Ikan Modern (PIM) di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (6/11). Dia pun menandatangani prasasti sebagai tanda mulai beroperasinya PIM.

"Hingga saat ini 1.355 UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) telah bergabung dalam program #PasarLautIndonesia dengan 2.290 jenis produk. Sebanyak 550 UMKM telah masuk di dalam virtual marketing, seperti website pasarlautindonesia.id dan beberapa marketplace," katanya saat acara.

#PasarLautIndonesia, yang menjadi media UMKM untuk bertukar informasi, edukasi, dan promosi, merupakan program nasional yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan kecintaan terhadap produk lokal. Peluncuran pendahulu program telah dilakukan di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, pada 19 Agustus 2020. 

PIM Palembang, yang hanya melayani transaksi elektronik merupakan pasar modern ketiga di Indonesia. Fasilitas lainnya berada di Jakarta dan Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Pembangunan PIM Palembang, yang berdiri di atas lahan seluas 9.319 meter persegi dan luas bangunan 6,348 meter persegi, dimulai Juli 2019 dan selesai Maret 2020. Sumber anggarannya sebesar Rp25,28 miliar berasal dari APBN.