Menteri Perhubungan mengaku akan kaji kembali Esemka

Esemka ikut mendaftarkan mobil listrik yang mereka punya ke Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) dikelola Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Pekerja berjalan di depan deretan mobil Esemka di pabriknya di Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (22/10)./AntaraFoto

Menteri Perhubungan akan mengkaji kembali mobil Esemka, terutama untuk uji tipe mobil yang akan kembali diproduksi dalam waktu dekat ini.

"Uji tipe banyak dengan pihak-pihak nanti akan saya lakukan," kata Budi usai Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 Edisi 4 Tahun Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dengan tema "Penguatan Indonesia Sentris" di Auditorium Gedung 3 Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta. 

Terlebih, Esemka ikut mendaftarkan mobil listrik yang mereka punya ke Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) dikelola Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

"Tapi pada dasarnya semangat bagi industri-industri di Indonesia banyak. Khusunya mobil listrik, kami jujur saking banyaknya kewalahan," katanya. Budi mengatakan pihaknya akan meninjau kembali karena mobil Esemka adalah karya anak bangsa yang harus didukung.

"Saya akan tinjau lai esemka ini karena ada karya anak bangsa. Memang ada syarat-syarat dipenuhi, saya memang mendukung itu," katanya.