Menteri SYL dua kali lepas ekspor dalam sehari

Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong akselerasi ekspor sektor pertanian ke beberapa negara.

Mentan Syahrul setelah melepas ekspor di kawasan Scientia Square Park, Tangerang, Banten, Kamis(10/12/20). Foto Humas Kementan

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor 26 ton briket arang kelapa ke negara tujuan UMM QASR, Irak. Selain itu, dalam rangka hari perkebunan ke-63, secara virtual serentak di 22 UPT di lepas 10 ragam komoditas perkebunan dengan nilai ekonomi mencapai Rp.1,68 triliun.

"Saya bersama Gubernur Jawa Barat, ditemani Bupati Tangerang serta jajaran eselon 1 Kementerian Pertanian dan eksportir, hari ini mencoba melakukan optimalisasi berbagai produk sektor pertanian di Indonesia," ucap Mentan Syahrul setelah melepas ekspor di kawasan Scientia Square Park, Tangerang, Banten, Kamis(10/12/20).

Mentan Syahrul menyampaikan, Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong akselerasi ekspor sektor pertanian ke beberapa negara. Hal ini sesuai dengan perintah dan arahan Presiden Joko Widodo. Di mana pemulihan ekonomi menjadi prioritas di tengah pandemi Covid 19 yang masih terjadi di seluruh dunia.

"Kita berharap dengan ekspor yang ada mampu  memperkuat perekonomian di masa yang akan datang, khususnya dalam suasana Covid-19," ujar Syahrul.

Lebih lanjut, Mentan mengatakan pada masa pandemi Covid-19, akselerasi ekspor Indonesia sektor pertanian cukup menggembirakan. Hal ini terlihat dari peningkatan kontribusi pada produk domestik bruto (PDB) triwulan III yang meningkat sebesar Rp571,87 triliun atau 14,68%.